Zbee, Mobil Listrik Pengganti Bajaj Siap Meluncur di Indonesia

Zbee, Mobil Listrik Pengganti Bajaj Siap Meluncur di Indonesia - Perusahaan mobil listrik asal Swedia, Clean Motion, berencana meluncurkan kendaraan roda tiga bertenaga listrik, ZBee sebagai pengganti bajaj di Jakarta.

rencananya Zbee akan diproduksi di Indonesia dalam beberapa bulan ke depan. Pabrik yang berlokasi di Jawa Timur itu rencananya akan memiliki kapasitas produksi 100 ribu unit per tahun.

ZBEE (mobilxmotor.com)

Secara desain Zbee memiliki konsep seperti bajaj, yakni kendaraan mini beroda tiga yang lincah. Namun Zbee memiliki desain yang lebih modern dan yang paling penting Zbee merupakan kendaraan dengan emisi 0 sehingga lebih hijau sehingga mengurangi polusi udara Jakarta.

Zbee diperkuat oleh mesin listrik bertenaga 4KW dimana dalam keadaan tenaga terisi penuh mampu menempuh jarak sejauh 50 km. Kendaraan mini dengan bobot 250kg ini memiliki kecepatan maksimal hingga 45 km/jam. Di Swedia sendiri, Zbee diposisikan seperti sepeda, bahkan di negara asalnya ini, untuk mengendarai Zbee tidak dibutuhkan lisensi surat izin mengemudi.

  •     Dimensi : 2.400×1.250×1.500 mm (PxLxT)
  •     berat    : 230 kg karena body berbahan FRP (Fibre Reinforced Plastic)
  •     fitur keamanan sabuk pengaman tiga titik
  •     power 2-4 KW atau setara 2,68 HP hingga ,36 HP
  •     Ttingkat efisiensi 4 kWh per 100 km.
Semoga saja usaha perbaikan untuk menggantikan Bajai ini tetap dilakukan dengan penuh pertimbangan tidak hanya masalah polusi udara dan suara. Ada banyak variable yang perlu juga dituntaaskan oleh pemerintah sebelum memaksakan penggunaan Zbee sebagai alat transportasi massif di Jakarta.

Artikel Terkait Berita

0 comments:

Post a Comment