Di India Dikembangkan Smartphone Untuk Tuna Netra

Di India Dikembangkan Smartphone Untuk Tuna Netra - Siapa bilang keterbatasan fisik membatasi orang untuk bisa menggunakan perangkat pintar seperti smartphone? Ada kabar menggembirakan bagi penyandang tuna netra, dimana kabarnya di India sedang ada proyek pengembangan smartphone pertama di dunia untuk orang tuna netra / buta. Dan dengan inovasi terbaru ini seseorang yang memiliki kekurangan pada penglihatannya akan mempunyai smartphone khusus untuk mereka.

Ilustrasi smartphone bagi tuna netra

Cara kerja smartphone untuk tunanetra ini adalah dengan mengkonversi secara otomatis beragam teks yang berasal dari SMS dan email menjadi pola Braille.

Smartphone untuk orang buta akan didasarkan pada layar sentuh inovatif, yang mampu menerima respon dan tekanan jemari secara sensitif saat menampilkan Braille yang dapat terbaca oleh para tuna netra.

Sumit Dagar, sang pencipta smartphone ini mengatakan bahwa dia telah memulai project ini selama tiga tahun dan berkolaborasi bersama dengan kampus IIM Ahmedabad di India untuk membuat prototype dari smartphone tuna netra. Saat ini smartphone tune netra ini masih dalam tahap percobaan.

Semoga smartphone ini menjadi inspirasi bagi vendor-vendor lain untuk mengembangkan perangkat yang sama, yang tak hanya bertujuan komersial, akan tetapi memiliki tujuan mulia.

Artikel Terkait Gadget

0 comments:

Post a Comment