Perbedaan Laptop, Notebook dan Netbook

Perbedaan Laptop, Notebook dan Netbook - Dunia komputer saat ini telah mengambil peranan penting dalam kehidupan manusia. Jika dulunya dunia komputer hanya dipenuhi dengan barang yang bernama komputer saja, maka pada saat ini dunia komputer telah diisi dengan berbagai piranti yang bermacam-macam. Piranti tersebut adalah laptop, notebook dan netbook. Pada dasarnya semua piranti adalah sama, yaitu sebuah peralatan digital yang bisa mempermudah pekerjaan manusia dan semuanya merujuk pada mesin yang bisa menghitung (compute/computer). Tapi kebanyakan orang masih bertanya-bertanya, apa sebenarnya perbedaan yang berarti antara ketiga piranti ini, oleh karena itu saya akan membahasnya kali ini. 


Laptop
Istilah laptop sebenarnya merupakan sebutan umum dari notebook dan netbook. Laptop berasal dari kata Lap yang artinya pangkuan dan Top yang artinya atas. Laptop merupakan salah satu piranti digital komputer (notebook dan netbook) yang lebih dikhususkan untuk digunakan diatas pangkuan biasanya karena bentuknya mereka yang mini dan bobotnya yang ringan.

Notebook
Piranti digital yang sering digunakan untuk kerja yang berat, misalnya desain, editing, programming, dll. Memiliki kemampuan digital yang handal dan kecepatan pengolah data yang cepat dimana piranti ini mempunyai spesifikasi yang tinggi (CPU, RAM dan Hardisk), memiliki ukuran yang besar-12 inchi ke atas serta harganya terbilang cukup mahal.

Netbook
Piranti digital yang penggunaan nya untuk hal-hal yang ringan, misalnya mengolah data yang ringan (Word, Excel, Power Point), browsing, mendengarkan lagu, menonton video, dll. Piranti ini mempunyai spesifikasi yang lebih rendah dari notebook (dari segi CPU, RAM dan Hardisk nya), ukurannya yang terbilang mini-7-12 inci serta harga yang tergolong murah.

Itulah perbedaannya Bila sobat ingin membeli salah satu dari mereka, pertimbangkan secara matang terlebih dahulu, sesuaikan dengan kebutuhan dan sesuaikan pula dengan budget yang ada di kantong sobat. Semoga postingan mengenai Perbedaan Laptop, Notebook dan Netbook ini bermanfaat untuk kita semua.

Artikel Terkait Gadget

0 comments:

Post a Comment